Penyebab Wasir dan Pengobatannya

Penyebab Wasir dan Pengobatannya

Penyebab Wasir dan Pengobatannya, Penyakit Wasir atau Sering juga disebut ambeien adalah satu penyakti yang terjadi pada anus, dimana bibir anus (Sphinchter Ani), mengalami pembengkakan dan kadang-kadang disertai pendarahan.Orang yang terkenal wasir pasti akan merasa tidak nyaman ketika duduk, berdiri, dan berkatifitas.

Jenis Wasir

Secara Umum Wasir terbagi dua jenis yaitu Wasir Internal dan Wasir Eksternal
1. Wasir Internal : Pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar. Masalahnya jadi tidak sederhana lagi, bila ambeien internal ini membesar dan keluar ke bibir anus yang menyebabkan kesakitan. Ambeien yang terlihat berwarna pink ini setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi bisa juga didorong masuk.

2. Wasir Eksternal menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambeien ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu.

Sejumlah faktor dapat menyebabkan wasir termasuk kebiasaan buang air besar tidak teratur (konstipasi atau diare), olahraga, nutrisi (diet rendah serat), peningkatan tekanan intra-abdomen (berkepanjangan tegang), kehamilan, genetika, tidak adanya katup dalam vena hemoroid, dan penuaan. Faktor lain yang dapat meningkatkan tekanan vena rektum sehingga wasir termasuk obesitas dan duduk untuk jangka waktu yang lama. Tetapi umumnya, penyebabnya adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri, juga lebih rawan terjadi pada wanita daripada pria.

Pengobatan Wasir
-Biasanya, wasir tidak membutuhkan pengobatan kecuali bila menyebabkan gejala. Obat pelunak tinja atau psilium bisa mengurangi konstipasi dan peregangan yang menyertainya.
-Suntikan skleroterapi
Suntikan ini diberikan kepada penderita wasir yang mengalami perdarahan. Dengan suntikan ini, pembuluh vena digantikan oleh jaringan parut.
-Diikat dengan Pita Karet
Wasir dalam yang besar dan tidak bereaksi terhadap suntikan skleroterapi, diikat dengan pita karet. Cara ini, disebut ligasi pita karet, meyebabkan wasir menjadi layu dan putus tanpa rasa sakit. Pengobatan ini dilakukan dengan selang waktu 2 minggu atau lebih. Mungkin diperlukan 3-6 kali pengobatan.
-Wasir juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser (perusakan laser), sinar infra merah (fotokoagulasi infra merah) atau dengan arus listrik (elektrokoagulasi).
-Bila wasir dengan bekuan darah menyebabkan nyeri, maka bisa diobati dengan cara:
-duduk berendam dalam air hangat
-mengoleskan salep obat bius lokal
-pengompresan dengan kemiri.
Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang beberapa saat kemudian, dan bekuan menghilang setelah 4-6 minggu. Pilihan lainnya adalah memotong vena dan mengeluarkan bekuan, yang dengan segera akan mengurangi nyeri.
-Pembedahan mungkin digunakan bila pengobatan lain gagal.

Demikianlah info mengenai Penyebab Wasir dan Pengobatannya semoga bermanfaat. Baca juga Obat Wasir dan Ambeien Manjur di Obatwasir.biz

Sumber :

Subscribe to receive free email updates: