Home » » Penyakit Wasir, Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Penyakit Wasir, Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Penyakit Wasir, Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya
Penyakit Wasir—Sebagian besar kita pasti sudah kenal dengan penyakit Wasir atau sering juga disebut penyakit Ambeien. Wasir adalah satu penyakit atau gangguan yang terjadi pada anus dimana Bibir Anus mengalami pembengkakan dan kadang-kadang disertai pendarahan. Penderita wasir akan merasa tidak nyaman dan merasa kesakitan saat duduk, berjalan atau melakukan aktifitas lain.

Sejumlah faktor dapat menjadi penyebabkan wasir seperti kebiasaan buang air besar tidak teratur (konstipasi atau diare), mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akibat konstipasi), kesalahan melakukan olahraga tertentu, terlalu banyak duduk atau berdiri, kurangnya asupan makanan berserat, peningkatan tekanan intra-abdomen, kehamilan, genetika, tidak adanya katup dalam vena hemoroid, dan penuaan. Tetapi pada umumnya, penyebabnya  wasir ini dikarenakan mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri.

Gejala umum dari Penyakit Wasir
1. Pendarahan pada saat buang air besar
Pendarahan dapat terlihat dari tinja yang mengandung darah, bercak darah pada tisu kamar mandi atau air kakus menjadi merah,
2. Gatal Pada anus
Rasa gatal ini terjadi karena keadaan wasir yang terkeluar itu menghambat pembersihan anus secara efisien, dapat menyebabkan partikel-partikel kecil dari feses menumpuk pada kulit perianal dan bekerja sebagai iritan
3. Timbulnya Rasa Nyeri
Rasa nyeri  terjadi bila permukaannya yang sudah membengkak terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah.

Secara Umum Wasir terbagi dua jenis yaitu Wasir Internal dan Wasir Eksternal
1. Wasir Internal : Pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar. Masalahnya jadi tidak sederhana lagi, bila ambeien internal ini membesar dan keluar ke bibir anus yang menyebabkan kesakitan. Ambeien yang terlihat berwarna pink ini setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi bisa juga didorong masuk.
2. Wasir Eksternal menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambeien ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu.


Pengobatan Penyakit Wasir
Biasanya, wasir tidak membutuhkan pengobatan kecuali bila menimbulkan gejala. Obat pelunak tinja atau psilium bisa mengurangi konstipasi dan peregangan yang menyertainya. Untuk wasir yang sudah menimbulkan gejala atau yang sudah parah dapat dilakukan pengobatan sebagai berikut :
1. Suntikan skleroterapi
Suntikan ini diberikan kepada penderita wasir yang mengalami perdarahan. Dengan suntikan ini, pembuluh vena digantikan oleh jaringan parut.
2. Diikat dengan Pita Karet
Wasir dalam yang besar dan tidak bereaksi terhadap suntikan skleroterapi, diikat dengan pita karet. Cara ini, disebut ligasi pita karet, meyebabkan wasir menjadi layu dan putus tanpa rasa sakit. Pengobatan ini dilakukan dengan selang waktu 2 minggu atau lebih. Mungkin diperlukan 3-6 kali pengobatan.
3. Wasir juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser (perusakan laser), sinar infra merah (fotokoagulasi infra merah) atau dengan arus listrik (elektrokoagulasi).
4. Bila wasir dengan bekuan darah menyebabkan nyeri, maka bisa diobati dengan cara:
-duduk berendam dalam air hangat
-mengoleskan salep obat bius lokal
-pengompresan dengan kemiri.
Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang beberapa saat kemudian, dan bekuan menghilang setelah 4-6 minggu. Pilihan lainnya adalah memotong vena dan mengeluarkan bekuan, yang dengan segera akan mengurangi nyeri.
5. Pembedahan mungkin digunakan bila pengobatan lain gagal.

Demikianlah info mengenai Penyakit Wasir, semoga bermanfaat baca juga Obat Wasir dan Ambeien Manjur di Obatwasir.biz.

Sumber :