Diberdayakan oleh Blogger.

Tanda-tanda Bahaya Kesehatan dari Perubahan Warna Kuku


Berbagi info kali ini mengulas mengenai Tanda-tanda Bahaya Kesehatan dari Perubahan Warna Kuku. Namun sebelum mengulas lebih lanjut, saya menganjurkan teman untuk juga membaca artikel saya yang berjudul Sehat Alami dengan Produk Indonesia. Karena dapat menambah pengetahuan mengenai cara untuk sehat secara alami.

1.Bercak Putih
Bercak putih sering muncul di kuku. Keadaan ini secara medis di kenal sebagai Leukonychia biasanya di sebabkan karena cedera ringan dan tidak bahaya, biasanya hilang seiring waktu berjalan.
Bercak putih pada kuku bisa di sebabkan oleh hal-hal lain yaitu:
Onycholysis : Pemisahan kuku dari dasar kuku.
Onchomycosis : Kutil kulit atau jamur
Psoriasi atau eksem
Salah satu tanda kondisi Sarkodiosis : Menyerang kulit, paru-paru, dan organ lainya
Hipotiroidisme : Selain bercah putih keku juga terasa lunak (Kuku Plummer)

2. Garis Putih Tunggal
Sebuah garis putih yang agak tebal yang melintang sepanjang kuku di sebut garis Mee merupakan tanda klasik keracunan arsenic atau thalium.
Selain itu garis Mee juga bisa menunjukkan kondisi sistemis yang yang serius dan dapat merusak kuku seperti : Gagal jantung, penyakit hodgin, penyakit malaria, dan bahkan lepra.
Garis Mee cenderung hanya satu kuku jari, melekat sendirinya, dan akan hilang bila penyebab utamanya berhasil diobati.

3.Garis Ganda
Dua garis tipis melintang pada kuku (satu atau lebih), kondisi ini merupakan tanda klasik yang di sebut Garis Muehrcke.
Garis Muehrcke adalah bisa jadi sebuah tanda Hipoalbuminemia (kadar albumin darah lebih rendah dari normal).
Selain itu kondisi medis seperti yang akut atau kronis, diantaranya penyakit ginjal, hati, gagal jantung, malnutrisi bisa juga menyebabkan kondisi ini. Namun sebagian besar kasus disebabkan oleh radang yang timbul akibat sebuah infeksi atau luka

4. Kuku dua warna
Half and half nails : Separuh kuku berwana coklat dan separuhnya lagi berwarna putih kemungkinan mengalami kondisi yang di sebut half and half nails. Warna putih berada di pangkal kutikula sementara bagian coklat berada di ujung kuku. Kuku separuh ini umumnya penanda penyakit gagal ginjal kronis.
Jika hampir seluruh kuku berwarna putih tembus pandang kemungkinan sebuah bentuk dari Leukonychia yang disebut kuku Terry. Kuku teryy biasanya mempengaruhi seluruh kuku, kuku yang berwarna putih mulai dari kutikula sampai ke ujung kuku, dim ana terdapat garis berwana merah atau coklat tua. Kuku terry merupakan salah satu tanda penuaan yang cukup umum. Namun bila terjadi pada orang yang masih muda, kuku ini sering menjadi penanda sirosis hati, gagal ginjal kronis, atau gagal jantung tersumbat.

5. Kuku biru
-Cyanosis: Kuku berwarna biru yang timbul secara alami mungkin suatu petanda penting pada keadaan kekurangan oksigen yang di sebut Cyanosis.
-Kuku biru juga bisa menjadi penada penyakit paru-paru, penyakit arteri perifer atau beberapa masalah sirkulasi lain.
-Penyakit Raynaud: Penyakit yang tergolong penyakit arteri perifer, kuku bisa berubah menjadi biru bila kedinginan atau stress.
-Bisa menandakan reaksi terhadap obat-obatan

6. Kuku Kuning
-Kuku berwarna kuning yang bukan karena penggunaan cat kuku mungkin tanda seseorang perokok berat dan mengkonsumsi antibiotic tetrasiklin.
-Penyakit Jaundice(Penyakit kuning): Mirip dengan mata dan kulit kuning, kuku kuning juga bisa menjadi penanda penyakit (Penyakit kuning)
-AIDS: Kuku kuning bisa menjadi salah satu penanda penyakit AIDS
- Diabetes : Kuku kuning dengan sedikit kebiruan bisa menandakan diabetes
-Sindrom Kuku Kuning: Kuku kuning terutama jika tumbuh pelan, sangat tebal dan melengkung, kehilangan kutikula, bahkan bisa copot, muungkin menandakan suatu penyakit langka yang di sebut Sindrom Kuku Kuning. Seorang yang terkena sindrom kuku kuning biasanya suatu penyakit paru-paru atau penyakit Limfedema (peningkatan cairan getak bening di jaringan).

7. Perubahan Warna Bulan Kuku
Bagian pucat berbentuk melengkung pada bagian bawah kuku disebut Lunula atau bulan kuku. Peubahan warna pada bulan kuku bisa menjadi penanda kondisi medis yang sedang terjadi pada seseorang.
-Bulan Kuku berwarna biru : Secara medis dikenal dengan Azure lunula, menjadi penanda penyakil Wilson, suatu penyakit hati degenerative dimana terjadi peningkatan tembaga dalam hati.
-Bulan kuku berwarna merah : Bisa menandakan penyakit gagal ginjal.
-Bulan kuku berwarna kuning: Bisa menandakan seseorang mengkonsumsi tetrasiklin
-Bulan kuku berwarna biru abu-abu bisa menjadi tanda keracunan perak
-Bulan kuku berwarna hitam atau coklat : Bisa jadi tanda asupan flourit yang berlebihan
Catatan : Informasi di atas di peroleh dari buku yang berjudul 'Body Signs' karya Liebman-smith, Ph.d dan J. Nardi Egan. Tujuan dari informasi-informasi tersebut sebagai petunjuk menjadi detektif diagnostik untuk diri sendiri dengan cara mencari tahu tanda-tanda kesehatan pada tubuh. Selanjutnya harus di sampaikan kepada dokter agar memperoleh diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat.