Tips Cara Memperbaiki Komputer yang Hang (Crash)


Cara Memperbaiki Komputer yang Hang

Komputer hang atau crash adalah kondisi dimana ketika anda memberi sebuah perintah tetapi tidak ada respon, mungkin sewaktu membuka satu program atau file. Komputer yang sering hang akan membuat penggunanya merasa kesal, menunggu lama tapi, program atau file yang diinginkan tidak tebuka juga. Saking kesal bisanya komputer dimatikan secara paksa. Penyebab komputer hang ada banyak, jadi pada posting ini saya akan share mengenai penyebab dan cara memperbaikinya.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer Hang :
1. Scan Virus Pada Komputer
Infeksi virus dapat menyebabkan komputer tidak stabil. Beberapa virus menghapus boot sektor dari sebuah hard drive sehingga mustahil untuk start sebuah program.
Perlindungan terhadap virus harus dilakukan secara terus menerus, Sebuah scanner virus sangat dibutuhkan agar dapat mengidentifikasi virus. Hasil scan virus akan disimpan dalam file DAT. File DAT harus diperbaharui mingguan atau bulanan dari situs perangkat lunak antivirus Anda.
2. Uninstall dan menginstal ulang perangkat lunak.
Perangkat lunak yang rusak atau proses instalasi yang jelek dapat menjadi penyebab utama komputer hang. Cara yang paling baik adalah dengan meng-uninstall perangkat lunak dan menginstal ulang.  
3. Hapus Buffer Printer
Printer hanya memiliki sejumlah kecil memori yang disebut buffer.
Pada proses cetak-mencetak, tindakan mengirimkan dokumen untuk mencetak menciptakan sebuah file besar yang sering disebut file postcript. Hal ini dapat dengan mudah memberi kelebihan beban. Mencetak dokumen juga menggunakan cukup banyak tenaga CPU yang akan memperlambat kinerja komputer Anda. Jika printer sedang mencoba untuk mencetak karakter yang tidak biasa, maka disinilah masalah sangat sering muncul. Kadang-kadang printer sangat sulit dipulihkan akibat kekacauan dalam buffer printer.
Cara menghapus buffer yaitu dengan cara cabut printer selama 10 detik. Kemudian boot kembali printernya setelah kira-kira 10 detik (disebut cold boot) dan akan mengembalikan pengaturan default printer Anda.
4. Defragment hard disk DRIVE
Informasi pada HARD DISK DRIVE menjadi sedikit demi sedikit akan aus atau terfragmentasi seiring waktu pemakaian. Defragment hard disk sebaiknya dilakukan setiap bulan untuk mencegah komputer crash.
Defragment hard disk; Buka [Start Menu]>[Aksesoris]>[System tool]>[Disk Fragmenter]. Ikuti perintah selanjutnya.
5. Perbaiki kerusakan pada RAM
Kerusakan RAM (random access memory) akan menyebabkan layar mati dengan pesan yang mengatakan Fatal Exception Error. Sebuah kesalahan fatal menunjukkan masalah hardware yang serius. Kadang-kadang hal ini dapat berarti ada bagian yang rusak dan perlu penggantian. Salah satu cara untuk memecahkan masalah ini adalah untuk masuk ke setting BIOS dan meningkatkan wait state dari RAM. Hal ini dapat membuatnya lebih stabil. Cara lain untuk memecahkan masalah ini adalah untuk mengatur ulang Chips RAM pada motherboard, atau membuka dan memasang kembali dengan benar. Kemudian cobalah untuk mengulangi mengetes keadaan yang menyebabkan masalah.
6. Perbaiki Pengaturan BIOS
Kesalahan atau kekacauan pada BIOS dapat menyebabkan komputer crash. Sebuah masalah umum pada BIOS adalah kesalahan CAS latency. Hal ini mengacu pada RAM. RAM EDO (extended data out) yang tua memiliki CAS latency 3. SDRAM yang lebih baru memiliki CAS latency 2. Pengaturan yang salah dapat menyebabkan RAM mengunci dan komputer akan crash.
Cara :
Microsoft Windows saat ini sudah lebih baik mengalokasikan nomor IRQ dari BIOS apapun. Jika mungkin tetapkanlah nomor IRQ ke posisi Otomatis pada BIOS. Ini akan memungkinkan widows untuk mengalokasikan angka IRQ (pastikan BIOS setting untuk OS Plug and Play diaktifkan ke “yes”untuk memungkinkan Windows untuk melakukan hal ini).
7.  Kurangi Resolusi Layar Vidio
Masalah kartu video dapat mengakibatkan Fatal Exception OE dan kesalahan VXD. Ini dapat diselesaikan dengan mudah dengan mengurangi resolusi layar video dengan cara :
Masuk ke [Start] >[Setting]>[Control Panel]>[Display]>[-Setting]
Di sini Anda harus geser bar area layar ke kiri. Lihatlah pengaturan warna pada bagian kiri jendela. Untuk desktop kebanyakan, warna yang tinggi kedalaman 16-bit adalah cukup.
8. Perbaiki atau Ganti Kipas CPU
CPU (central processing unit) biasanya dilengkapi dengan kipas agar tetap dingin. Jika kipas tidak bekerja optimal atau jika CPU menjadi tua, dapat menyebabkan komputer telalu panas dan menghasilkan jenis kesalahan tertentu yang disebut kesalahan kernel. Ini masalah umum di chip yang telah overclocked untuk mengoperasikan highspeeds dari yang seharusnya.
9. Gunakan UPS (catu daya tak terputus)
Alat ini digunakan untuk berjaga-jaga, kalau listrik padam atau dalam kasus pemadaman listrik. Gangguan pasokan listrik seperti lonjakan listrik atau spike dapat menyebabkan komputer hang.
=======================================

Cara Memperbaiki Komputer Rusak

Bagi yang ingin mempelajari berbagai cara memperbaiki berbagai jenis kerusakan komputer, ingin terampil dan handal  memperbaiki komputer sendiri, dapat mempelajari di Ebook Teknisi Komputer ini. Ebook tutorial yang mudah di pahami dan dipraktekkan

Harga Ebook : Rp. 100.000,-

Jika ingin lebih murah direkomendasikan untuk membeli Ebook Paket Diskon. Dengan Harga Rp. 197.000 akan mendapat 6 Ebook Utama (yang termasuk ebook ini) ditambah dengan 12 buah Ebook Bonus Utama, Ebook-ebook ini adalah seputar tutorial service komputer, service laptop, membuat jaringan komputer, dan menggunakan beberapa software yang penting. Ditambah lagi dengan bonus Schematics Motherboard Laptop-PC, Video Tutorial, dan Free software.

Jika berminat atau ingin info lebih lanjut, Silahkan langsung mengunjungi di Situs resmi penyedianya ==> KLIK DISINI

=======================================
Demikianlah info mengenai Cara Memperbaiki Komputer yang Sering Hang, semoga bermanfaat. Baca juga Cara Memperbaiki Komputer Mati Tanpa Peringatan 


Subscribe to receive free email updates: