Home » » Objek Wisata Di Kota Bukittinggi Sumatra Barat

Objek Wisata Di Kota Bukittinggi Sumatra Barat

Objek Wisata Di Kota Bukittinggi
Objek Wisata Di Kota BukittinggiSumatra Barat—Bukittinggi adalah kota tujuan wisata yg paling terkenal di Sumatera Barat. Jarak Bukittinggi cukup jauh juga dari kota Padang (Ibu Kota Sumatera Barat) kurang lebih 91 KM, memakan waktu 1,5-2 jam perjalanan (Jika tidak Macet). Namun karena ada banyak objek  wisata di kota Bukittinggi, jika berkunjung ke Sumatera Barat sangat disayangkan bila tidak mengunjungi kota ini. 
Peta Kota Bukittinggi

Objek Wisata di Kota Bukittinggi yang menarik diantaranya yaitu Kebun Binatang Kinantan, Museum Rumah Adat Bagonjong, Benteng Ford De Cock, Jembatan Limpapeh, Panorama/Ngarai Sianok, Lubang Jepang, dan Jam Gadang. Jarak antara satu objek wisata ke objek wisata yang lain tidak terlalu jauh, dengan berjalan kaki saja dapat mengunjungi semua objek wisata tersebut.

Di sekitar kawasan objek wisata ada banyak hotel dan penginapan. Namun jika ingin berlibur beberapa hari di kota Bukittinggi pada libur sekolah, libur lebaran, atau tahun baru, booking hotel/penginapan harus hari jauh-jauh hari sebelum kedatangan. Pada hari libur dan tahun baru Bukittinggi akan penuh dengan wisatawan, hampir semua hotel/penginapan penuh.  Akan kesulit menemukan tempat menginap jika tidak booking terlebih dahulu.    

Objek Wisata di Kota Bukittinggi

Jam Gadang
Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi. Jam Gadang dibangun pada tahun 1926 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, sekretaris atau controleur Fort de Kock (sekarang kota Bukittinggi) pada masa pemerintahan Hindia-Belanda.
Lokasi: Di pusat kota Bukittinggi

Kebun Binatang Bukittinggi (Marga Satwa dan Budaya Kinantan)
Museum Zoologi Kebun Binatang Bukittinggi

Kebun Binatang Bukittinggi yang bernama Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan merupakan salah satu kebun binatang tertua yang ada di Indonesia, dan satu-satunya di Sumatera Barat, dengan koleksi hewan terlengkap di pulau Sumatera.
Lokasi : Jalan Jend. A. Yani

Museum Rumah Adat Baanjuang
Museum Rumah Adat Baanjuang Bukittinggi
Museum Rumah Adat Baanjuang adalah museum tempat mengumpulkan benda-benda sejarah dan budaya ranah minang yang di dirikan seorang belanda yang bernama Mr. Mondelar Countrolleur.
Lokasi :Berada di area Kebun Binatang Marga Satwa dan Budaya Kinantan

Benteng Ford De Cock
Benteng Ford De Cock Bukittinggi

Benteng yang didirikan oleh Kapten Bouer pada tahun 1825 pada masa Baron Hendrik Merkus de Kock sewaktu menjadi komandan Der Troepen dan Wakil Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Benteng ini digunakan oleh Tentara Belanda sebagai kubu pertahanan dari gempuran rakyat Minangkabau terutama sejak meletusnya Perang Paderi pada tahun 1821-1837
Lokasi : Terhubung dengan Kebun Binatang Bukittinggi melalui Jempatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh
Jembatan Limpapeh Bukittinggi

Jembatan Limpapeh jembatan menghubungkan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi dengan benteng Fort de Cock

Ngarai Sianok/Taman Panorama

Ngarai Sianok atau yang dikenal juga dengan nama Panorama adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi. Ngarai ini erupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang. Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau.
Lokasi : Di Jalan Panorama
Lobang Jepang
Lobang Jepang Bukittinggi
Lubang Jepang merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan.
Lokasi : Berada di Kawasan Ngarai Sianok/Taman Panorama

Demikianlah info menganai Objek Wisata di Kota Bukittinggi semoga bermanfaat.