Home » » Apakah Itu Demam?

Apakah Itu Demam?


Demam adalah peningkatan titik patokan (set point) suhu di hipotalamus, hipotalamus adalah bagian otak memiliki fungsi yang sangat peka terhadap steroid, glukokortikoid, glukosa, dan Suhu. Dengan meningkatnya patokan suhu tersebut, maka hipotalamus mengirim sinyal untuk meningkatkan suhu tubuh. Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, saya menganjurkan teman untuk juga membaca artikel saya yang berjudul Sehat Alami dengan Produk Indonesia. Karena dapat menambah pengetahuan mengenai cara untuk sehat secara alami.

Demam timbul sebagai respon terhadap pembentukan Sitokin seperti interleukin-1, interleukin-6, dan factor nekrosis tumor. Sitokin disebut Pirogen endogenik ( penghasil panas). Sitokin dilepaskan oleh beberapa sel yang berbeda, termasuk monosit, makrofag, sel T helper, fibroblast dalam berespon terhadap infeksi atau cedera ringan. Pirogen menyebabkan deman dengan menghasilkan prostaglandin, mungkin PEG, yang meningkatkan titik patokan termoregulasi hipotalamus.

Masyarakat yang awam mengenai ilmu kesehatan umumnya berpikiran demam adalah penyakit. Sebenarnya demam bukanlah penyakit melainkan respon terhadap suatu yang tidak normal pada kesehatan tubuh kita yang disebabkan oleh infeksi atau cedera, seperti yang telah dijelaskan diatas. Apabila sumber pirogen(pengasil panas) dihilangkan dengan pengobatan atau sistem imun tubuh sendiri yang berhasil mengatasinya (seperti mengatasi mikroorganisme penyebab infeksi), akan mengembalikan titik patokan suhu ke normal. Jika patokan suhu di hipotalamus sudah kembali normal dan hipotalamus akan menganggap suhu tubuh terlalu tinggi. Sehingga hipotalamus akan merangsang berbagai respon misalnya berkeringat untuk mendinginkan tubuh. Aspirin atau obat anti imflamasi nonsteroid lainnya menghambat demam dengan menghambat pembentukan prostaglandin.

Berdasarkan hasli penelitian, demam membantu suatu organisme menyingkirkan infeksi sehingga bermanfaat bagi penderita. Akantetapi, demam tinggi dapat merusak sel, terutama sel-sel di Sistem Saraf Pusat (SSP)

Rangkuman…
Mekanisme terjadinya demam :
Terjadinya infeksi atau cedera ringan pada tubuh--sel penghasil sitokin bereaksi dengan melepaskan sitokin--sitokin mengasilkan prostaglandin--prostaglandin meningkatkan titik patokan suhu hipotalamus--dengan meningkatnya titik patokan suhu pada hipotalamus maka hipotalamus akan memberi sinyal untuk meningkatkan suhu tubuh.