Home » » Penyebab laptop hidup tapi tidak ada tampilan dan cara memperbaikinya

Penyebab laptop hidup tapi tidak ada tampilan dan cara memperbaikinya

Penyebab laptop hidup tapi tidak ada tampilan dan cara memperbaikinya-Mungkin sobat pembaca pernah mengalami, laptop hidup tapi tidak ada tampilannya.Tanda dari kondisi ini ketika tombol power ditekan, lampu indikatornya menyala, kopas berjalan namun sama sekali tidak ada tampiln di layar laptopnya. Apa yang harus kita lakukan menyikapi kondisi ini.

Penyebab laptop hidup tapi tidak ada tampilan dan cara memperbaikinya 
Penyebab laptop yang hidup tapi tidak ada tampilan dan cara memperbaikinya,
Karena kita lihat bahwa laptop masih tanda-tanda hidup, dengan indikator hidup dan kipas bekerja, bisa kita abaikan masalah dari aliran listrik atau batterai. Jadi selanjut, selanjutnya kita mencurigai hal-halain :  
Penyebab laptop yang hidup tapi tidak ada tampilan dan cara memperbaikinya


Kemungkinan Penyebab laptop yang hidup tapi tidak ada tampilan :
Memory utama
VGA
Monitor
Hard disk

Berikut ini beberapa cara memperbaiki laptop yang hidup tapi tidak ada tampilan :

Jika anda merasa yakin power supplnya atau batterainya masih bekerja dengan normal, namun layarnya yang tidak tampil, anda harus memperhatikan apakah ada bunnyi tertentu ketika komputer dihidupkan,

Bunyi "bip" dengan panjang dan jarak tertenu. Seandainya ada kemungkinan kerusakan berasal dari rangkaian mainboard,mikroprosesor, atau RAM BIOS.Bila bunyinya agak panjang dan berulang, pada jarak tertentu, kemunkinan kerusakan pada VGA atau memori RAM. Bila bunyi "bip" tidak panjang tetapi berulang-ulang, maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada VGA atau   display adapternya. Bila bunyi bip terdengar panjang da terus menerus, maka kemungkinan kerusakan SIMM RAM. Naka bisa dicoba dengan menukarkannya dengan SIMM RAM yang lain.

Jika pada saat POST-ing muncul tampilan namun saat memasuki jendela sistem operasi, tampilannya hilang. Perlu  diperiksa CPU speed pada asvance menu dalam setup BIOS apakah sesuai atau tidak. Masalah ini bisa terjadi jika pengaturan CPU speed tidak sesuai dengan aturan normalnya.Bila setelah mencoba cara diatas, masih belum bisa mengatasi masalah, maka kamungkinan lain CPU laptopnya yang rusak.

Beberapa Penyebab laptop yang hidup tapi tidak ada tampilan dan cara memperbaikinya

Kasus diatas bisa juga disebabkan karena kerusakan dari Hard disk terutama kerusakan pada regulatornya. Jika ini yang terjadi, pada keadaan ini hanya LED indikator powernya yang masih menyala. Pada kasus lainnya, kerusakan regulator CD ROM juga bisa menyebabkan kondisi ini, untuk itu perlu juga uji coba lain, dengan cara melepaskan hardisk, CD ROM, dan tes lapatop lainnya. Kemungkinan lain bisa terjadi karena kerusakan pada monitor.

Demikianlah ulasan mengenai Penyebab laptop hidup tapi tidak ada tampilan dan cara memperbaikinya, jika ingin panduan cara memperbaiki berbagao  kerusakan laptop bisa mempelajarinya di ebook panduan teknisi laptop dari bapak Agus Sale,SPd