Home » » Batterei Laptop yang tidak bisa terisi ketika dicharge dan Cara Mengatasinya

Batterei Laptop yang tidak bisa terisi ketika dicharge dan Cara Mengatasinya

Batterei Laptop yang tidak bisa terisi ketika dicharge akan membuat kesal. Dari simbol charger pada desktop terlihat sedang mengisi normal, namun tidak terisi, ketika di klik simbol Batterei, persentase pengisian laptop tidak bertambah. Parahnya ketika charger di lepas, laptop langsung mati.

Batterei Laptop yang tidak bisa terisi ketika dicharge dan Cara Mengatasinya

Kondisi ini sering terjadi pada berbagai merek laptop, baiknya merek ternama ataupun tidak.Sehingga bisa disimpulkan kondisi ini merupakan permasalahan umum yang terjadi pada laptop. Ada beberapa penyebab kondisi ini dan cara mengatasinya yang bisa dilakukan, beberapa diantaranya seperti berikut ini : 



1. Kemungkinan penyebab utamanya adalah kondisi baterai itu sendiri. Baterai tidak bekerja normal dan tidak mengahasilan catu daya laptop saat chargernya dicabut. Namun, bila laptop berfungsi dengan baik ketika adapter terpasang tetapi berhenti bekerja ketika dicabut berarti baterai laptop rusak atau laptop dapat tidak mengisi baterai dengan benar.

2. Perlu dilakukan pertama yaitu memastikan power adapter telah melakukan pengisian daya selama minimal dua jam sebelum mencoba untuk dicabut.

3. Kemudian Buka batterei dan pasang kembali, kemungkinan kedudukannya yang tidak tepat sehingga tidak bisa terisi sempurna.

4. Cobalah boot ke sistem BIOS, untuk melihat apakah ada yang tidak biasa berkaitan dengan baterai. Tetapi  JANGAN mengubah pengaturannya, kecuali anda tahu pengaturan awalnya. Jika ternyata BIOS normal, biarkan windows jalan beberapa puluh menit, dan lihat apakah persentase charge tidak berubah sama sekali.

5. Bila presentase pengisian bertambah,namun langsung drop beberapa saat setelah charger dilepas, berarti batterei sudah bocor.

6. Gunakan utilitas baterai pihak ketiga untuk mendiagnosa keadaan baterai. Sebagai contoh, BatteryCare adalah utilitas perangkat lunak bebas yang mampu melakukan hal ini. Silahkan googling dan lakukan tes.

7. Jika tetap mengalami masalah yang sama, walaupun dengan menggunakan baterai yang  baru, kemungkinan besar ada masalah dengan motherboard.

Sering menjadi penyebab kondisi Batterei Laptop yang tidak bisa terisi ketika di charge, adalah karena batterei sudah bocor, karena sudah lama, laptop berjam-jam dipakai tanpa istirat, atau ketika di charge laptop masih dioperasikan.

Maka dari itu untuk terhindar dari masalah-masalah diatas, batterai laptop harus dirawat, dengan memperhatikan penggunaan laptop dan proses charge nya,


Sumber : http://agussale.com/batterei-tidak-bisa-terisi-pada-laptop