Diberdayakan oleh Blogger.

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY), PASTY Puaasss..

Bagi yang ingin membeli hewan piaraan atau tanaman hias di sinilah tempat yang tepat, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY). Lokasi PASTY berada di Jl Bantul KM 1 no 141, Dongkelan, Mantrijeron, Yogyakarta.Letak PASTY tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja atau Malioboro,hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari sana. Jika tidak mengendarai kendaraan pribadi dapat menumpang bus kota jalur 10, andong, becak atau taksi. Sebelumnya area PASTY bernama Bursa Agro Jogja (BAJ). Kemudian setelah parapedagang hewan dari pasar Ngasem di relokasi kesini, Bursa Agro Jogja berganti nama menjadi Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta(PASTY). Area PASTY terdiri dari tiga bagian yang diberi nama zona satwa, zona tanaman hias,dan zona ikan hias. Zona satwa berada di sisi timur jalan sementara zona tanaman hias dan zona ikan hias berada disisi barat jalan.

Zona Satwa

Foto: Gerbang masuk zona Satwa

Berbagai macam binatang di perjual belikan di tempat ini ada berbagai jenis burung, ayam, hamster, kura-kura, tokek, dll. Selain binatang ada juga pedagang yang menjual makanan hewan dan sangkar burung.

Foto: Hamster di zona satwa PASTY

Foto: Tokek, di Zona Satwa PASTY

Foto : Salah satu jenis burung pada zona Satwa PASTY

Sebagian besar pedagang di sini berasal dari pasar Burung Ngasem, pasar burung yang terkenal di Jogja. Karena penataan kota dan kondisi pasar juga sudah tidak bagus lagi, maka dari itu para pedagang direlokasi ke PASTY. Kios-kios penjual ditata teratur, tempat ini ramai dengan kicauan burung karena di sini terdapat berbagai jenis dengan jumlah yang cukup banyak.

Zona Tanaman Hias

Di zona tanaman hias dapat dijumpai banyak jenis tanaman hias ada yang masih berukuran kecil maupun yang sudah berukuran besar. Kios-kios pedagang penuh dengan tanaman-tanaman jadi pembeli bisa mendapat tanaman apa yang mereka inginkan. Jika tanaman yang diinginkan belum tersedia, bisa memesan pada pedagang untuk di carikan dan diambil pada hari berikutnya.

Foto: Kios-kios pedagang(tampak dari belakang) di zona Tanaman Hias PASTY

Foto: Kios-kios pedagang(tampak dari depan) di zona Tanaman Hias PASTY

Foto: Beberapa tanaman hias di Zona Tanaman Hias PASTY

Zona Ikan Hias

Zona ikan hias bersebelahan dengan Zona tanaman hias, tepatnya di sebelah selatan zona tanaman hias. Ada berbagai jenis ikan yang berwarna-warni disini.

Foto : Ikan hias pada zona ikan hias PASTY

Foto: Ikan Hias pada zona Ikan Hias PASTY

Foto: Ikan hias pada zona Ikan Hias PASTY

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta dapat dijadikan alternatif tempat wisata. Di tempat ini bisa memanjakan mata dengan berbagai jenis aneka satwa, tanaman hias, dan ikan hias, tak ubah seperti saat mengunjungi kebun binatang atau agrowisata .Kios-kios pedagang di tata teratur sehingga kita bisa leluasa mengunjungi dari satu kios ke kios lain. Kios yang yang tertata teratur juga membuat kawasan ini menjadi enak dilihat. Kawasan PASTY bersih dan ada banyak pepohonan, sehingga suasana yang nyaman dan asri akan dapat kita rasakan disini. Di dekat zona ikan hias ada kolam ikan sementara di zona tanaman hias terdapat taman dan beberapa gazebo. Tempat-tempat tersebut bisa digunakan sebagai tempat istirahat atau bersantai bila merasa letih berjalan-jalan di area PASTY. Fasilitas penunjang lain yang tersedia di area PASTY diantaranya Parkir yang luas, pedagang makanan, moshola dan toilet.

Foto : Gazebo pada zona Tanaman Hias yang tertutup beberapa pohon

Masuk area PASTY tidak dipungut biaya masuk, hanya saja ada biaya parkir jika kita membawa kendaraan. Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta ini tempat wisata yang murah. Berwisata murah sekalian membeli tanaman hias, ikan hias, atau binatang piaraan, mengasikkan bukan??

Mengunjungi PASTY, PASTY anda akan puas…..