Home » » magang

magang

Gak kerasa dah tiga minggu magang di laboratorium mikrobiologi BLK (Balai Laboratorium Kesehatan) DIY. Jadwal magang kita yang sebenarnya cuma 2 minggu, magang pun hanya untuk ngisi waktu liburan.Setelah dua minggu berakhir,mungkin karena ngerasa terbantu atau karna alasan lain, karyawan yang selalu kita bantu kerjaanya membolehkan kita ngelanjutin magang selama yang kami mau tanpa harus menambah biaya(magang di sini gak gratis lo).Liburan 5 minggu sebelum lebaran jadi genapin aja 1 bulan magangnya jadi tinggal 1 minggu lagi.Selama masih ada waktu dan tenaga kita dibutuhkan kenapa tidak.Cuma dua orang yang dapat kesempatan ngelanjutin magang aku dan seorang lagi teman satu kampus. Kita termasuk orang yang beruntung.Pengalaman gak ternilai harganya.

Kemaren karyawan yang kita bantu nanya" Minggu besok masih bisa masuk kan?".Senangnya ia masih membutuhkan kita.Mudah-mudahan apapun yang kita kerjakan tidak mengecewakan. Kita belum terlalu mahir sih dalam proses tanam-menanam bateri tapi kita selalu berusaha sebaik mungkin.
Gak da sampel baru sie hari ini. Yang namanya lab mikro bagian diagnosa bakteri kerjaan gak bisa selesai sehari. Sampel yang akan di diagnosa jenis bakterinya harus di tanam dulu kebeberapa media,tahap-tahapanya membutuhkan waktu minimal empat hari,itu pun kalau pekerjaanya lancar. Kalau pada saat isolasi, koloni bakteri gak misah atau pada saat uji biokimia terjadi kontaminasi bakalan jadi lama proses diagnosa harus diulang atau melakukan uji-uji yang lain.

Kerja mendiagnosa bakteri butuh ketelitian dan kehati-hatian.Kalau gak teliti kontaminasi mudah saja terjadi. Bakteri mahluk yang tak bisa terlihat dengan mata telanjang. Bila telah terkontaminasi, sfat bakteri yang mengontaminasi juga akan terdeteksi sehingga hasil diagnosanya akan kacau/tidak dapat mencocokan sifat yang spesifik.