Home » » Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko


Sewaktu masih kecil niat ku tuk kembali ke kota ini "Jogja" ya tuk puas-puasin Jalan jalan.Pertama kali ke Jogja menghadiri acara wisuda kakak kedua q cuma beberapa hari kesal banget waktu itu. Akhirnya keinginan ku jadi kenyataan kembali melanjutkan kuliah.Puas-puasin jalan-jalan terlaksan bahkan sampai bosan.
Jogja banyak objek wisata objek wisata alam, sejarah, pendidikan, budaya, etc..
Objek wisata sejarah budaya seperti candi-candi. Jogja punya banyak temppat wisata. Kalau wisatawan datang ke jogja takan lupa mengunjunginya. Candi yang terkenal Borobudur(Sebenarnya Borobudur bukan berada di Prov DI yogyakarta tapi di Wilayah Jateng di kota Magelang tapi wisatawan pertama mengunjungi Jogja setelah itu barulah mengunjungi Borobudur maka kebanyakan beranggapan Borobudur bagian daerah jogja), Candi Prambanan atau yang di kenal juga dengan sebutan candi Roro Jonggrang, selain dua Candi yang paling terkenal itu masing banyak lagi candi-candi yang lain masih di kawasan candi Prambanan ada candi Sewu,dan beberapa buah candi-candi kecil, di daerah Kalasan terdapat candi Kalasan. Tak terlalu jauh dari candi Prambanan ada sebuah candi yang berada di atas bukit namanya candi Ratu Boko. Setiap candi ada keunikan tersendiri tapi bagi ku pengalaman yang paling berkesan ketika pengunjungi candi Ratu Boko.
Kenapaya??

Di benak ku candi merupakan bagian utuh dari sebuah istana seperti yang ada di Film-film Silat gitu(tempat tinggal Raja dan keluarganya).Hampir seluruh Candi didirikan untuk tempat ibadah ibarat mesjid bagi orang islam pada masa kini.Candi Ratu Boko berbeda.Candi Ratu terdiri dari beberapa bagian seperti Gerbang,Pendopo,Keputren,dll.Candi ratu boko bukan hanya tempat ibadah melainkan juga digunakan sepagai tempat tinggal dapat dilihat bagian-bagiannya.Itulah salah satu alasan mengapa candi Ratu Boko sangat menarik bagi ku apa yang ku pikirkan tentang candi ku temukan di sana..

Foto : Gerbang Candi ratu Boko

Foto: Pendopo Candi Ratu Boko

Candi ratu Boko Sangat sepi dari pengunjung karena candi ini tak terkenal.Teman-teman ku yang dari Jogja waktu ku ajak waktu ingin mengunjungi candi ini pada menolak"Sepi" jawaban mereka.Aku sangat penasaran dengan candi ini karena teman teman ku gak ada yang mau,aku mengajak saudara perempuan ku.Sebenarnya waktu itu aku tak tau pasti jalan menuju candi ini,hanya berpatokan pada penunjuk arah pada jalan raya saja.Saudara ku mau dengan syarat jika tidak menemukan candi Ratu Boko kita akan mengganti rute rekreasi jadi ke cadi Prambanan.
Candi ratu boko berada di timur kota jogja sekitar 1 jam perjalanan gak terlalu jauh dari candi Prambanan.Candi Ratu Boko tempatnya di atas bukit pemandangan indah udaranya.Dari kawasan candi kita dapat melihat daerah prambanan, candi Prambanan dan candi Sewu.

Foto :kawasan prambanan dari candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko sangat indah,perfect menurut ku.Disana bisa ngilangin stres.Terasa kembali ke ratusan abad silam..hehe..
KAPAN LAGI YA KESANA??